Makanan Pencegah Jerawat

Kumpulan Info – Ahli dermatologi Elliott Weiss, MD, dari Laser and Skin Surgery Center di New York mengungkapkan bahwa pola diet yang salah bisa berpengaruh buruk pada kesehatan tubuh dan kesehatan kulit. “Diet bisa menyebabkan kulit Anda berjerawat. Yang menarik adalah jerawat lebih banyak muncul pada orang yang melakukan Western Diet karena terlalu banyak mengonsumsi daging merah, gula, dan makanan olahan,” jelasnya.

Untuk menghindari timbulnya jerawat, Weiss menyarankan untuk memilih jenis diet yang sesuai dengan kondisi tubuh. Diet yang sehat akan membuat tubuh punya banyak asupan vitamin dan mineral untuk membuat tubuh, terutama kulit, jadi lebih sehat dan cantik. “Hindari juga terlalu banyak menyantap permen, makanan manis, susu, dan biji-bijian olahan,” sarannya.

Namun perubahan diet, obat-obatan, dan berbagai teknik perawatan kecantikan, tidak langsung menyembuhkan jerawat. Sifatnya hanya membantu. Jika Anda punya problem jerawat yang parah, sebaiknya Anda mengatasinya dengan melakukan perawatan bersama dokter kulit.

1. Rempah-rempah
Ketika wajah mulai berjerawat, tambahkan konsumsi rempah-rempah dalam menu makanan Anda. Aneka cabai seperti cabai rawit dan biji cabai dianggap sebagai salah satu bahan yang bisa mengatasi jerawat. Jika tak suka makanan yang terlalu pedas, santap jenis daun aromatik seperti thyme, rosemary dan mint.

2. Sayur yang mengandung banyak air
Sayuran yang memiliki banyak kandungan air seperti mentimun bisa membantu mengatasi jerawat. Selain itu, sayuran juga bisa membantu menjaga kelembaban kulit. Kandungan air dalam sayur menjadi kunci untuk menghilangkan semua racun dan kotoran dari kulit. Bagusnya lagi, mentimun juga punya efek mendinginkan kulit dan meredakan radang karena jerawat. Selain mentimun, sayuran berwarna kuning seperti wortel dan kentang bagus untuk detoksifikasi tubuh dan kulit, karena kaya akan vitamin A.

3. Tiram
Selain disebut-sebut berguna untuk meningkatkan gairah seks, tiram juga ampuh mengatasi jerawat. Kandungan seng dalam tiram bisa membantu mengontrol hormon penyebab jerawat. Seng juga membantu tubuh untuk meningkatkan penyerapan vitamin A dari makanan lainnya untuk meremajakan kulit dan menghilangkan jerawat.

4. Yogurt
Kandungan probiotik dalam yogurt bisa membantu melancarkan pencernaan dan mengatasi jerawat. Probiotik menghambat perkembangan bakteri penyebab jerawat. Untuk mengatasi jerawat, sebaiknya konsumsi yogurt 1-2 kali sehari. Agar hasilnya lebih maksimal, kombinasikan yogurt dengan buah-buahan yang mengandung kalium seperti pisang.

5. “Dark chocolate”
Asupan gula sangat diperlukan tubuh untuk metabolisme. Namun, asupan makanan manis seperti permen juga bisa jadi mimpi buruk bagi kulit. Daripada terlalu banyak mengonsumsi permen dan gula buatan, lebih baik ganti asupan manis ini dengan dark chocolate. Cokelat murni mengandung antioksidan yang mampu melindungi kulit dan tubuh dari radikal bebas.

6. Minum banyak air
Banyak ahli yang menyarankan untuk minum minimal delapan gelas air per hari. Sebenarnya angka ini bukanlah angka pasti konsumsi air, karena yang lebih penting adalah menjaga tubuh Anda tetap terhidrasi sepanjang hari. Air bermanfaat untuk membantu tubuh menghilangkan racun, dan menjaga kelembaban tubuh dari dalam. Jika bosan mengonsumsi air putih, tambahkan perasan jeruk nipis atau jeruk lemon ke dalamnya agar terasa lebih segar.

Sumber: Kompas.com

ads:

Distributor Crystal X

Tinggalkan komentar

Filed under Nutrisi dn Gizi

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s